Bagaimana sih caranya melakukan reboot, respring dan safe mode dengan menggunakan SSH untuk iOS ? | Catatan si Koboi

Bagaimana sih caranya melakukan reboot, respring dan safe mode dengan menggunakan SSH untuk iOS ?

Intermeso dulu yak...
Lama gak bikin tulisan yang semoga aja bisa berguna, aamiin. Karena beberapa bulan lagi asik sama mainan baru, sebenarnya bukan hal baru, mainannya aja yang baru, tetapi udah lama gak main, main gitar maksudnya.



Mungkin kalo berbicara tentang pengalaman sebagai pengguna awam seperti saya, banyaklah kurangnya, karena di luar sana masih banyak jagoan-jagoan yang pinter nulis entah nulis artikel, nulis novel, nulis lirik lagu ataupun cuma nulis status di media sosial.




Nah langsung ke poin ya, yuk kita bedah sedikit dulu buat yang masih awam seperti saya safe mode untuk perangkat iOS itu apa dan kegunaanya buat apa?

Safe Mode kalau di artikan adalah Mode Aman maksudnya begini, safe mode adalah metode masuk ke dalam home screen perangkat iOS sama seperti pada saat kita menyalakan sebuah perangkat, akan tetapi yang membedakan adalah tulisannya, bukann....

Safe mode ini adalah sebuah fitur yang di bekali mode keamanan dimana saat perangkat iOS kita mengalami crash tweak atau tweak yang kita instal dari Cydia tidak bisa menjalakan perintahnya dan menjahui larangannya, halah. Maksudnya ada beberapa tweak yang bentrok dengan tweak yang baru saja kita instal, akibatnya perangkat ngambek dan tidak mau masuk ke layar utama.

Safe mode ini memang masih di peruntukkan secara khusus untuk perangkat iOS yang sudah jailbreak saja, karena apa, yang jelas apabila perangkat tidak dalam keadaan jailbreak apa lagi yang perlu di khawatirkan, karena iOS menurut saya secara pribadi adalah sistem operasi untuk mobile khususnya perangkat Apple yang sangat elegan, bukan dari sudut gengsi semata, karena saya mempergunakan sesuai kebutuhan.

Seperti judul di atas, Bagaimana sih caranya melakukan safe mode dengan menggunakan mobile terminal untuk iOS ?

Nah ini yang sangat penting, jika biasanya kita melakukan safe mode dengan menggunakan metode matikan perangkat kemudian di nyalakan kembali, pada saat layar menunjukan logo Apple kita menggunakan tombol Volume Atas/Bawah.

Namun dengan menggunakan mobile terminal maka tombol yang ada di perangkat iOS amatlah sangat awet, di jamin!! Karena sesuai pengalaman dan pengguna awam seperti saya, saya selalu menggunakannya untuk melakukan, reboot, halt, respring dan safe mode dengan menggunakan mobile terminal.


Yang pertama adalah perangkat iOS harus dalam keadaan jailbreak, kemudian mobile terminal, substrate safe mode, openSSH bisa di dapatkan melalui Cydia, sebelum melakukan respring, dan safe mode melalui SSH mobile terminal.

Jika tahap pertama sudah di lakukan, berikutnya melakukan tahap melakukan reboot, respring dan safe mode dengan menggunakan SSH.

  • Buka mobile terminal
  • ketik su kemudian enter
  • masukkan password alpine (default-jika belum di ganti)
Untuk yang pertama, cara melakukan reboot :
Kode :
reboot

Cara melakukan respring :
Kode :
killall -HUP SpringBoard


Cara mematikan perangkat :
Kode :
halt

Cara melakukan Safe Mode :
Kode :
killall -SEGV SpringBoard

Kode di atas adalah cara memanfaat mobile terminal jika ingin tombol perangkat kita awet, agak ribet sih akan tetapi tinggal anda mau pakai cara yang mana, silahkan di coba.

Tapi tunggu dulu, ada dua perbedaan safe mode dengan menggunakan tombol volume pada perangkat.

Tombol volume bawah bisa di gunakan masuk safe mode seperti pada umumnya dengan tampilan layar utama gelap dan adanya peringatan atau notifikasi seperti OK, Restart dan Cancel.

Berbeda halnya dengan tombol volume atas sama-sama bisa di gunakan untuk masuk safe mode akan tetapi wallpaper tidak akan berwarna gelap seperti versi iOS 7 kebawah dan tidak lagi ada peringatan OK, Restart dan Cancel, karena hampir mirip seperti masuk layar utama seperti biasa.

Akan tetapi jika perangkat dalam keadaan mati, tidak mau nyala karena setelah memasang sebuah tweak yang di rasa sebagai penyebab tidak mau nyalanya perangkat iOS kita, ya mau tidak mau cara manual tetap di lakukan yaitu menggunakan tombol volume atas/bawah setelah logo apple muncul saat kita akan menyalakan.

Silahkan di coba.


Sebenarnya jailbreak itu ada kelebihannya dan kekurangannya tinggal kita menyikapi dari sudaut pandang yang mana, jailbreak mungkin akan terkesan versi iOS kita jadul atau gak update, nggak jailbreak ya sesuaikan saja dengan penggunaannya, apapun itu silahkan menyikapi secara positif bukan dari satu sudut pandang saja.

0 komentar:

Post a Comment

Mau komentar ? udah gak usah, postingannya kurang seru.....