Tips Supaya Membuat Audio Menjadi Stereo Untuk Video di Aplikasi Instagram | Catatan si Koboi

Tips Supaya Membuat Audio Menjadi Stereo Untuk Video di Aplikasi Instagram

Sesuai dengan judul di atas, kali saya akan coba share tips supaya audio yang di keluarkan hasil upload untuk video supaya menjadi berkualitas stereo (harus menggunakan Headset atau audio output yang stereo)



Pertama yang saya lakukan adalah record audio secara live bersamaan dengan record video, tetapi audio yang di hasilkan harus melalui proses editing secara terpisah, baik menggunakan mixer ataupun microphone akan tetapi hasil suara audio yang di hasilkan harus di jadikan multi track.

Record yang saya lakukan secara terpisah untuk video dan audio, tetapi audio yg di hasilkan adalah live dari video dan sound yg saya record menggunakan mixer behringer jerman atau sering di sebut juga soundcard inverter atau soundcard tambahan untuk komputer yg sudah mendukung port USB

Karena rumah dekat jalan raya yg tidak memungkinkan untuk mengambil suara dengan mic dahulu pernah mengunakan mic dari iPhone dengan earphone di bungus kain supaya noise yg di hasilkan minim, semoga menginspirasi.


Aplikasi apa saja yang di butuhkan ? berikut beberapa aplikasi yang biasa saya gunakan :
Untuk Video :
  • Kamera, saya biasanya menggunakan iPhone atau Canon (bisa menggunakan kamera tipe apa saja untuk anda)
  • Final Cut Pro X untuk Mac OS X, TiltShift Video untuk iOS dan iMovie di iOS

Untuk Audio :
  • Adobe Audition untuk Ms. Windows, Logic Pro X untuk Mac OS X

Bagaimana cara menggunkannya? berikut langkahnya :
Singkat saja, jika semua proses recording baik video atau audio selesai di lakukan, tahap selanjutnya adalah :
  • Hasil mixing audio dari adobe audition atau logic pro x (bisa di jadikan format mp3 atau wav) kemudian ekspor ke aplikasi video editing (final cut pro x atau aplikasi video editing lainnya)
  • Sinkronkan audio dengan audio dari video, jika sudah sinkron nonaktifkan audio dari video, jadi audio di hasilkan dari proses mixing tadi.
  • Selanjutnya silahkan share master video dari final cut pro x menjadi standar penyimpanan *MOV
  • Kemudian hasil video yang sudah jadi silahkan transfer ke iPhone dengan menggunakan iTunes atau iFunbox.
  • Buka aplikasi iMovie di iPhone, create new project, kemudian masukkan video yang sudah di transfer tadi.
  • Jika sudah silahkan compose project iMovie yang selanjutnya simpan di Camera Roll
  • Jika sudah selesai silahkan post di Instagram, dan untuk membuktikan silahkan pasang telinga dengan menggunakan headset, earphone atau sejenisnya.
Sebagai catatan, bisa saja jika proses audio yang telah kita mixing langsung kita ekspor ke iMovie di iPhone akan tetapi jika tidak memerlukan editing pewarnaan, pencahayaan.
Namun jika menggunaakan aplikasi iMovie di iPhone harus benar - benar jeli dengan tingkat kepekaan telinga dan visual agar sinkron.

Untuk sosial media seperti Facebook ataupun Youtube tidak akan memerlukan proses seperti di atas, karena ke dua sosial media tersebut sudah mendukung audio output secara stereo, berbeda dengan instagram yang kompressor audio codec masih terbatas, mungkin nantinya pihak developer akan memperbaiki jika pengguna banyak yang memerlukan kebutuhan audio output secara stereo.

Sebagai tambahan lagi, jangan terpaku pada satu aplikasi namun tips yang saya share ini minimal sebagai bahan referensi jika memerlukan kualitas audio yang stereo, namun kualitas audio di instagram masih kurang, secara audio masih menggunakan kapasitas 64 bit.

Sebenarnya saya bermain alat musik tidak pernah belajar secara khusus dan tehnik akan tetapi lebih baik bermain sesuai hati, tehnik memang perlu sebagai landasan dasar, akan tetapi ber improvisasi juga sangat perlu biar lebih banyak influence (masukan)

Berikut Video Singkat Cara Membuat Audio Menjadi Stereo Untuk Video di Aplikasi Instagram :

0 komentar:

Post a Comment

Mau komentar ? udah gak usah, postingannya kurang seru.....