Swipe Back for iOS | Catatan si Koboi

Swipe Back for iOS

Kenapa fitur back hanya tinggal swipe dari kiri ke kanan pada layar atau tanpa memilih tombol back?
Dahulu Jobs sudah mengklaim bahwa kenapa iPhone dari generasi 2G sampai 4S hanya berukuran 3,5 inch, bahwasana selain kemampuan multitasking pada perangkat tetapi juga melatih personal supaya lebih multitasking pula.



Sebagai contoh, layar dengan ukuran 3,5 inch dapat kita pegang dengan satu tangan dengan variasi ke lima jari kita, nah tangan yang satunya bisa berguna untuk mengambil atau melakukan aktifitas lain.
Kembali seperti konteks paragraf pertama, kenapa fitur back hanya tinggal swipe aja?! Karena setelah iOS 6.1.2 rilis bersamaan den rilisnya iPhone 5 mungkin ada sebagian orang kurang nyaman apabila menggunakan tombol back pada sisi kiri atas setelah kita membuka menu aplikasi iOS misalnya seperti pengaturan atau setting, pesan dan sebagainya.

Baru muncullah iOS generasi flat yaitu iOS 7 dan dikenalkanlah iPhone 5S yang didalamnya sudah terintegrasi finger print atau sensor sidik jari untuk pengaman.

iOS 7 dan kemunculan iPhone 5S sudah menggunakan swipe to back yaitu tanpa perlu lagi menggunakan tombol menu back atau kembali untuk mengembalikan ke menu awal (didalam aplikasi yang kita buka).
Karena layar 3,5 inch dengan diagonal 4 inch yang hanya sedikit memanjang kebawah, pastinya jika generasi iPhone 5/S dengan versi iOS 7 keatas, maka akan lebih mudah dan tetap bisa menggunakan satu jari (lipatan diantara ibu jari dengan jari telunjuk) tangan dengan kemampuan lima jari sesuai karakter masing-masing personal.

Bisa dibayangkan apabila masih menggunakan iOS 6 dengan generasi iPhone 5, mungkin akan sedikit memerlukan dua jari tangan atau jari sebelah tangan untuk melakukan swipe back.

Namun tidak menutup kemungkinan apabila fitur swipe back sudah ada sejak iOS 6 namun hanya iOS yang sudah jailbreak saja dengan menggunakan tweak semacam swipe.

Tidak perlu membuktikan oiya ouh begitu, coba anda rasakan sendiri jika menggunakan iPhone generasi 5 dengan iOS versi 6 saat anda melakukan fitur back tanpa swipe atau geser untuk kembali.

Namun kenyamanan semua tergantung dari jari anda sendiri pada saat anda menggunakannya. keep Apple.

0 komentar:

Post a Comment

Mau komentar ? udah gak usah, postingannya kurang seru.....