Boot Animation ( Android ) dan Boot Logo ( iOS ) | Catatan si Koboi

Boot Animation ( Android ) dan Boot Logo ( iOS )

Makin maraknya tema untuk iOS maupun Android, yaitu sebuah duet Operating Sistem Mobile yang makin rame dalam pembuatan tema khususnya untuk kedua perangkat ini, ada dua yang membedakan kedua Porting dari kedua Boot Animation ini.

1.iOS - Boot Logo
Boot logo ini untuk menampilkan saat Opening perangkat iPhone yang biasanya hanya berupa Logo Apple berwarna Putih untuk perangkat iPhone generasi sampai 4S dan kebalikan Warna atau Invert dari iPhone generasi 5. Jika iPhone generasi pada saat ini berada pada iOS 7.1.2 dengan keadaan sudah terjailbreak, anda bisa mengunduh dan memasang Tweak yaitu "Animate". 


Marvel Boot Logo

Tweak ini bekerja untuk menjalankan Bootlogo dari berbagai animasi yang bisa anda dapatkan dari Cydia seperti Marvel Boot Logo, Apple Jobs BootLogo, Steve Jobs BootLogo in Memoriam dan lain-lain.
Kelebihan menggunakan Tweak Animate adalah anda bisa mengunduh berapapun banyak tema dari Boot Logo yang nantinya anda hanya tinggal mengubah dan menyesuaikan jika dirasa bosan dan hanya cukup checklist atau centang pada bagian Boot Logo yang anda temukan di menu :
1. Buka pengaturan
2. Pilih Bootlogo
3. Centang atau checklist Tema dari Bootlogo
4. Preview untuk melihat hasil nantinya sebelum melakukan reboot.

Jika anda ingin mengubah atau membuat Bootlogo memang membutuhkan lebih dari 10 gambar yang akan anda gabungkan.Sebagai bahan contoh anda bisa membuka melalui iFile maupun iFunbox navigate :
1. Buka iFile atau iFunbox
2. Buka direktori "Library/Bootlogos"

2. Android - Boot Animation
Hampir sama dengan dengan perangkat iOS namun untuk Android memang sangat membutuhkan peranan khusus jika anda memang sangat antusias untuk menganti satu persatu untuk Boot Animation, karena untuk perangkat android sebenarnya lebih mengutamakan satu paket boot animation. Berbeda dengan iOS yaitu paket dari Boot Animation bisa anda tambahkan secara bertumpuk, namun tetap satu persatu untuk mencobanya.
Sebagai contoh paket dari CWM :
CWM PACKAGE
1. Copy zip to sdcard
2. Go into ClockWorkMod recovery (or based on CWM)
3. Flash zip
4. Reboot

Dan paket boot animation dari Android biasanya dalam bentuk zip folder yang didalamnya ada sebuah script berupa "desc" yang berisi :
p 1 0 part0
p 55 0 part1
p 65 0 part2
p 5 0 part3
Beberapa part di dalam folder bootanimation ini, nantinya akan masuk melalui : System/Media dengan mengubah script read write menjadi Read :
-R
-R
tetapi tidak semua sistem memiliki folder yang sama, seperti misalnya HTC X ONE.

Ex : CyanogenMod

Sumber : XDA - Developer

Part atau beberapa bagian tersebut bisa saja anda gabung menjadi satu bagian saja, hanya dengan mengubah script atau perintah kerja. Misal Bootanimations.zip didalamnya hanya 10 gambar dan hanya dalam satu part saja maka anda juga harus mengubah menyesuaikan dengan part didalam folder tesebut.

Kesimpulan dari Boot Animation diatas adalah sama, dalam pengertian basis dari porting iOS ke Android maupun sebaliknya tinggal anda sesuaikan menurut perangkat yang anda pakai. berikut beberapa display dari iPhone :
1. iPhone 4S "640 x 960" retina
2. iPhone 5 "640 x 1136" retina

Untuk Android dikutip dari xda-developer :
1. XHDPI "720x1280"
2. HDPI "480x800"
3. MDPI "320x480"
#Amoled 

Jika anda ingin membuat sendiri sebuah boot logo, anda bisa mengunduh berbagai gambar berupa GIF jika memang kesulitan menggunakan Photoshop karena gambar ini serupa seperti "Stop Motion", yaitu frame Captured dari gambar satu menjadi bergerak. Silahkan unduh BootGIF untuk iOS dan Boot Animation untuk Android. Anda bisa membuat sendiri hanya dengan mendapatkan GIF dari koleksi anda.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Mau komentar ? udah gak usah, postingannya kurang seru.....