Lock iCloud, Passcode Mode, Sebenarnya Dicuri atau Ingin Dikembalikan? | Catatan si Koboi

Lock iCloud, Passcode Mode, Sebenarnya Dicuri atau Ingin Dikembalikan?

Lagi lagi Apple dengan segala kelebihan dan kekurangannya, tinggal kita menyikapinya secara kelebihan atau kekurangannya.


iCloud adalah fasilitas yang diberikan Apple untuk pengguna iOS yang pada saat itu berada pada peluncuran versi iOS 5, iCloud ini memudahkan anda minimal untuk mencadangkan kontak telepon yang tersimpan di dalam iPhone untuk dicadangkan secara online, yaitu tersimpan didalam server iCloud.

Namun sejak peluncuran iOS 7 pengguna iOS yang sudah "sangat" familar dengan menggunakan ID iCloud setidaknya jauh lebih mudah dengan menggunakan fasilitas backup data melalui iCloud, tak hanya data multimedia seperti foto, aplikasi, kontak telepon tetapi juga ID iCloud  yang terbenam didalam perangkat dan dapat diakses melalui server Apple secara online.

Apa yang dimaksud dengan Lock iCloud?
Pengertian ini sebenarnya dikhususkan untuk pengguna iOS yang sudah menggunakan ID iCloud saja atau beberapa "orang" yang mengenal istilah ini karena mendapati perangkat mereka hilang baik secara dicuri, hilang karena lupa naruh, lupa password atau lupa mengembalikan?!

Jika iPhone, Mac, iPod, iPad Touch hilang karena jatuh atau lupa naruh dan jarak tempuh dirasa sudah jauh namun masih bisa ditempuh dengan jalan menggunakan fasilitas Find My iPhone, mungkin anda bisa segera mengecek lokasi perangkat anda tersebut dengan menggunakan fasilitas gadget yang lain (jika lebih dari satu) atau bisa menggunakan komputer, laptop yang tentunya bisa koneksi internet, terserah mau menggunakan warnet atau pinjam perangkat teman dekat, kerabat, atau sahabat.

Apakah Find My iPhone bisa diakses menggunakan perangkat lain selain perangkat iOS? Bisa, akan tetapi kembali lagi jika anda sudah mendaftarkan ID iCloud dan bisa anda buka melalui web www.icloud.com disana nanti ada pilihan lokasi keberadaan perangkat anda, jika perangkat sudah anda aktifkan Privacy/Location atau minimal perangkat tersebut masih dalam keadaan nyala, tidak kehabisan baterai atau sudah di matikan.

Meskipun dimatikan, anda masih bisa menggunakan fasilitas Lost Mode untuk mode hilang dan anda tulis pesan untuk mengembalikan bagi siapa yang menemukan. Erase iPhone yaitu untuk menghapus data yang ada diperangkat yang anda rasa sudah ditemukan oleh orang. Play Sound yaitu menyalakan nada seperti alarm yang bisa anda gunakan untuk mengganggu si penemu perangkat anda jika memang masih dalam keadaan nyala.

Diangkat pengalaman saya sendiri.
Ada seorang teman menanyakan kepada saya untuk membukakan kunci (passcode) perangkat iPhone yang menurutnya hasil temuan. Dengan sangat hati-hati agar tidak tersinggung, saya menyarankan untuk mengembalikan perangkat tersebut kepada pemiliknya, dengan berbesar hati teman tersebut bersedia untuk mengembalikan perangkat iPhone kepada pemiliknya.

Disini peran Passcode sangat bermanfaat baik dari pemilik iPhone, karena passcode hanya bisa dibuka oleh pemilik yang notabene adalah pemegang dan yang bisa membuka kunci layar utama tersebut.

Metode yang saya gunakan sangatlah sederhana, yaitu dengan melepas sim card atau kartu sim yang ada didalam perangkat iPhone, kemudian kartu saya masukkan kedalam perangkat lain yaitu nokia 105 karena perangkat ini sudah dibekali fitur membaca nomor saya (MyNumber).

Saya cuma ingin memastikan ada beberapa nama kontak semisal ibu atau bapak ada didalam kontak sim tersebut untuk bisa dihubungi, karena selama iPhone ditemukan oleh teman, saya sudah berusaha menanyakan apakah ada seseorang yang menghubungi nomor ini (iPhone).

Karena kartu sim ini versi nano, mudah-mudahan bisa masuk dan terbaca oleh perangkat nokia. Setelah kartu sim masuk kedalam perangkat nokia 105, kemudian terlihat bahwa dikontak sim ada beberapa nama yang bisa saya hubungi bahwa iPhone ini telah ditemukan.

Tidak selesai sampai disitu saja akhirnya langsung saya membuka fasilitas my number, untuk menyimpan nomor tersebut kedalam perangkat Android saya yang siapa tahu nomor tersebut telah didaftarkan untuk aplikasi WhatsApp.

Benar saja, nomor tersebut ternyata sudah terdaftar sebagai akun WhatsApp dan tertera pula photo profile yang menurut saya akan memudahkan dalam mengembalikan.

Singkat cerita foto iPhone saya gabung dengan photo profile WhatsApp untuk memudahkan pencarian pemilik, alhasil kurang dari 1x24 jam saja iPhone sudah berada ketangan pemilik, karena ada bantuan atau wadah salah satu komunitas iPhone yang memudahkan untuk melacak kepemilikan iPhone.

Nah sekarang bagaimana anda menyikapinya jika iPhone dengan kondisi Lock iCLoud tetapi masih ada sim card didalamnya.

Ada salah satu komentar mengatakan, "kenapa iPhone yang sering hilang (diberitakan) dan kenapa perangkat non iPhone tidak diberitakan". Selain fasilitas Lock iCloud yang didalamya sudah ada beberapa fitur pencarian, mengunci dan menghapus data iPhone, sebenarnya bukan terletak pada perangkat atau merek semata, tetapi jika memang berniat mengembalikan cara apapun bisa kok dilakukan dengan maksud tidak ada lagi istilah Lock iCloud (untuk perangkat iOS).

Dari sisi kelebihan dari iCloud kalo menurut saya, sangat memberikan perlindungan bagi pemilik, dilihat dari kekurangannya mungkin sedikit mengecewakan jika anda benar-benar lupa kata sandi (wtf)

Mudah-mudahan sedikit pengalaman ini tidak ada ketersinggungan antara pembaca atau yang pernah mengalami kejadian serupa (mencoba membuka kunci fasilitas iPhone).

0 komentar:

Post a Comment

Mau komentar ? udah gak usah, postingannya kurang seru.....